Cari Blog Ini

Senin, 27 Mei 2019

tugas 1 PBA

PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Diajukan sebagai tugas mata kuliah PBA berbasis web


Disusun Oleh :

Nama                             : prahara restu pauzi       (16723039) 
  Aulia Seftiana    (1672 3005)
  Sugianto    (167230  )
Semester               : VI
Prodi                    : Pendidikan Agama Islam
Dosen pengampu : khusnatul amalia, M. kom
Kampus                  : tanah merah (kampus c)


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) NURUL HUDA SUKARAJA BUAY MADANG OKU TIMUR
SUMATERA SELATAN
2018/2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                  :    SMK
Mata Pelajaran       :    PAI
Kelas/Semester      :    XI / Genap
Materi Pokok         :    Pelaksanaan Khutbah, Tabligh dan Dakwah di Masyarakat
Alokasi Waktu       :    5 Jam Pelajaran (2x Pertemuan)
A.    Kompetensi Inti
·         KI  1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta.
·         KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.8     Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
·       Menganalisis makna dan dalil-dalil khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menyimpulkan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·       Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
·       Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
2.8    Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
3.8    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
4.8    Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah.
·         Memahami hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
D.    Media Pembelajaran
Media                    :  Laptop, komputer, LCD proyektor
Sumber belajar      : Buku Pendidikan Agama Islam XI (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), internet, dan buku lain yang relevan.
E.     Metode Pembelajarn
Pendekatan           : Saintifik
Model                    : Discovery Learning
Metode                  : ceramah, diskusi, dan observasi
F.     Materi Pembelajaran
Materi yang akan dibahas dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah.
2.      Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
G.    Langkah-langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 115 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahdengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
Ø Pemberian contoh-contoh materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Mendengar
Pemberian materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriDalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Mengolahinformasi dari materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah 
v Menjawab pertanyaan tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2. Pertemuan Ke Dua (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø  Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Mendengar
Pemberian materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkaninformasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pruduk Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriHikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Mengolahinformasi dari materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Menjawab pertanyaan tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahyang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1







2







3







4







5







6







Keterangan :
•   BS : Bekerja Sama
•   JJ : Jujur
•   TJ : Tanggung Jawab
•   DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Cukup
25     = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.





2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.


3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.


4
...


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat                 : ...
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.





2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.


3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.


4
Marah saat diberi kritik.


5
...


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
-        Penilaian Jurnal
b.      Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur




-        Penugasan
Tugas Rumah
a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.       Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan




Kriteria penilaian (skor)
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah




Keterangan :
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
-        Penilaian Proyek
-        Penilaian Produk
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4





2.      Instrumen Penilaian
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal sejenis atau setara. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, seperti : pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam pelajaran, pada umumnya 30 menit setelah pulang sekolah.
b.      Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), peserta didik dapat melanjutkan proses pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru berupa tugas-tugas yang berkaitan dengan Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

https://drive.google.com/open?id=1RdStlyd8908pCCwxXcs-BX3P3u6jLxDu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar