PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Diajukan
sebagai tugas mata kuliah PBA
berbasis web
Disusun
Oleh :
Nama : prahara restu
pauzi (16723039)
Aulia Seftiana (1672 3005)
Sugianto
(167230 )
Semester
: VI
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Dosen
pengampu : khusnatul
amalia, M. kom
Kampus : tanah merah (kampus c)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
NURUL HUDA SUKARAJA BUAY MADANG OKU TIMUR
SUMATERA SELATAN
2018/2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Pelaksanaan Khutbah, Tabligh dan Dakwah di Masyarakat
Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran (2x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
·
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya serta.
·
KI
2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI
3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI
4 :
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.8 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan
dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
|
· Menganalisis
makna dan dalil-dalil khutbah, tablig dan dakwah.
· Menganalisis
ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menganalisis
hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyimpulkan
hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyajikan
paparan tentang makna dan dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyajikan
paparan tentang hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
·
Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah
di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
· Menjaga
kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah,
tablig, dan dakwah
|
2.8
Menjaga kebersamaan dengan orang lain
dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
|
|
3.8
Menganalisis pelaksanaan khutbah,
tablig, dan dakwah
|
|
4.8
Menyajikan ketentuan khutbah, tablig,
dan dakwah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
·
Memahami dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan
dakwah.
·
Memahami hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
D.
Media
Pembelajaran
Media : Laptop, komputer, LCD proyektor
Sumber belajar : Buku Pendidikan Agama Islam XI
(Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan), internet, dan buku lain yang relevan.
E.
Metode
Pembelajarn
Pendekatan : Saintifik
Model :
Discovery Learning
Metode : ceramah, diskusi, dan
observasi
F.
Materi
Pembelajaran
Materi
yang akan dibahas dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang khutbah,
tablig dan dakwah.
2. Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan
dakwah.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1 .
Pertemuan Pertama (3
x 45
Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
(10
Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 115 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
: Selama pembelajaran Dalil-dalil
al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwahberlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil-dalil al-Qur’an dan
hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang
khutbah, tablig dan dakwah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’an dan hadis tentang khutbah, tablig dan dakwah
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’an dan hadis tentang
khutbah, tablig dan dakwah kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
2.
Pertemuan Ke Dua (2
x 45
Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
(10
Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Hikmah
dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
: Selama pembelajaran Hikmah
dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwahberlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hikmah dan manfaat ketentuan
khutbah, tablig dan dakwahyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hikmah
dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hikmah
dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
H.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
|||||||
2
|
…
|
|||||||
3
|
…
|
|||||||
4
|
…
|
|||||||
5
|
…
|
|||||||
6
|
…
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggung Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
|||||
2
|
Ketika
kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|||||
3
|
Saya
ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
|||||
4
|
...
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini
dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
1
|
Mau
menerima pendapat teman.
|
|||||
2
|
Memberikan
solusi terhadap permasalahan.
|
|||||
3
|
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|||||
4
|
Marah
saat diberi kritik.
|
|||||
5
|
...
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek
-
Penilaian Produk
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen
Penilaian
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik
yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa
memberikan soal sejenis atau setara. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan, seperti : pada saat pembelajaran apabila masih ada
waktu atau diluar jam pelajaran, pada umumnya 30 menit setelah pulang sekolah.
b.
Pengayaan
Bagi peserta didik
yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), peserta didik dapat
melanjutkan proses pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru berupa tugas-tugas
yang berkaitan dengan Pelaksanaan khutbah, tabligh dan
dakwah di masyarakat
https://drive.google.com/open?id=1RdStlyd8908pCCwxXcs-BX3P3u6jLxDu
https://drive.google.com/open?id=1RdStlyd8908pCCwxXcs-BX3P3u6jLxDu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar